-->

Partners

Manusia Pra Aksara dan Mulai Mengenal Tulisan



PENDAHULUAN

Masa praaksara ialah suatu masa dimana mayoritas masyarakat belum mengenal tulisan, serta dalam pengungkapan sejarah nya masih secara lisan. Ciri-ciri daripada masa ini ialah, belum mengenal tulisan, pengungkapan sejarah dilakukan secara lisan, dan masa praaksara sering disebut sebagai tradisi lisan.
Dan masa praaksara ini sering dikatakan mendahului tradisi tulis/ masa aksara. Jejak sejarah dalam tradisi lisan/ masa praaksara dapat diikuti dalam sumber-sumber sejarah yaitu sbb,  folkor, mitos, legenda, upacara-upacara adat.
Sejarah tulisan mencatat perkembangan bahasa ekspresi dengan huruf atau tanda - tanda lainnya.sejarah mencatat bahwa bahasa telah berkembang secara berbeda pada tiap peradaban manusia.
Awal mula tulisan diketahui pada masa proto dengan sistem ideografik dan simbol mnemonik. Penemuan tulisan ditemukan pada dua tempat yang berbeda: mesopotamia (khususnya sumer kuno) sekitar 3200 sm dan mesoamerika sekitar 600 sm.
Dua belas naskah kuno mesoamerika diketahui berasal dari zapotecmeksiko. Sementara itu, tempat berkembangnya tulisan masih menjadi perdebatan antara di mesir yaitu sekitar 3200 sm atau di china pada 1300 sm.




MANUSIA SEBELUM MENGENAL TULISAN

A. Tradisi masyarakat sebelum mengenal tulisan
Dilakukan melalui tradisi lisan, dimana pengertian tradisi lisan itu sendiri adalah sebagai berikut.
Tradisi lisan merupakan tradisi yang terkait dengan kebiasaan/ adat istiadat, menggunakan bahasa lisan dalam menyampaikan pengalaman sehari-hari dari seseorang kepada orang lain.
 tradisi lisan dapat juga diartikan sebagai penggungkapan lisan dari satu generasi ke generasi yang lain,dst.
 menurut kuntowijoyo,tradisi lisan merupakan sumber sejarah yang merekam masa lampau masyarakat manusia.
Tradisi sejarah masyarakat sebelum menggenal tulisan merupakan tradisi dalam mewariskan pengalaman masa lalu serta pengalaman hidup sehari-hari yang terkait dengan adat istiadat, kepercayaan, nilai moral pada generasi mereka sendiri dan generasi yang akan datang melalui tradisi lisan, peringatan-peringatan berupa bangunan serta alat hidup sehari-hari. Tradisi lisan mengandung kejadian-kejadian sejarah, nilai-nilai moral, keagamaan, adat istiadat, cerita khayalan, peribahasa, lagu dan mantra, serta petuah leluhur.
Tradisi lisan ada sejak manusia memiliki kemampuan berkomunikasi meskipun belum mengenal tulisan tetapi mereka telah mampu merekam pengalaman masa lalunya.
      sebagai contoh tradisi lisan:
Aktivitas bercocok tanam sampai sekarang masih ada karena diwariskan secara bertahap dan turun temurun dari nenek moyang kita kepada generasi selanjutnya.
Aktivitas membuat gerabah yang mulai dikenal pada masa bercocok tanam yang semakin berkembang, bagaimana cara mereka mewariskan keahliannya?

B.  Cara masyarakat zaman pra aksara mewariskan masa lalunya
            proses pewarisan kebudayaan pada masyarakat yang eblum mengenal tulisan dilakukan melalui keluarga dan masyarakat atau orang lain disekitarnya.
      a.   Keluarga
            penggenalan dilakukan dari hal-hal sederhana yang mudah dipahami seperti:
Aspek-aspek material (benda buatan manusia yang dapat diraba dan dilihat) hingga proses pengenalan yang lebih rumit yaitu kebudayaan non material (kepercayaan, nilai, norma, dan bahasa).
                  pewarisan tersebut dilakukan dengan cara sosialisasi adat istiadat/kebiasaan baik secara:
-          Langsung (secara lisan diberitahukan mengenai tradisi dan adat istiadat yang berlaku)
-          Tidak langsung (dengan memberi contoh dalam hal perilaku sehari-hari).
-          Selain disampaiakan secara lisan, juga dilakukan melalui cerita atau dongeng (sebab dalam dongeng disisipkan pesan-pesan mengenai nilai-nilai atau sesuatu yang dipandang baik untuk dilakukan maupun mengenai sesuatu yang dipandang tidak boleh dilakukan.
      b.   Masyarakat
Masyarakat merupakan sekelompok orang yang memiliki kesamaan budaya, wilayah identitas, dan berinteraksi dalam suatu hubungan sosial yang terstruktur.
                        Masyarakat mewariskan masa lalunya melalui:
-          tradisi dan adat istiadat (nilai,norma yang mengatur perilaku dan hubungan antar individu dalam kelompok).
-          Adat istiadat yang berkembang di suatu masyarakat harus dipatuhi oleh anggota masyarakat di daerah tersebut. Adat istiadat sebagai sarana mewariskan masa lalu terkadang yang disampaikan tidak sama persis dengan yang terjadi di masa lalu tetapi mengalami berbagai perubahan sesuai perkembangan zaman. Masa lalu sebagai dasar untuk terus dikembangkan dan diperbaharui.
-          Nasihat dari para leluhur, dilestarikan dengan cara menjaga nasihat tersebut melalui ingatan kolektif anggota masyarakat dan kemudian disampaikan secara lisan turun temurun dari satu generasi ke generasi selanjutnya.
-          Peranan orang yang dituakan (pemimpin kelompok yang memiliki kemampuan lebih dalam menaklukkan alam) dalam masyarakat.
           contoh:
o   adanya keyakinan bahwa roh-roh harus dijaga, disembah, dan diberikan apa yang disukainya dalam bentuk sesaji.
o   Pemimpin kelompok menyampaikan secar lisan sebuah ajaran yang harus ditaati oleh anggota kelompoknya
o   Membuat suatu peringgatan kepada semua anggota kelompok masyarakat berupa lukisan serta perkakas sebagai alat bantu hidup serta bangunan tugu atau makam. Semuanya itu dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya hanya dengan melihatnya.
o   Benda-benda (kapak lonjong) dan berbagai peninggalan manusia purba dapat menggambarkan keadaan zaman masyarakat penggunanya
o   kepercayaan terhadap roh-roh serta arwah nenek moyang dapat termasuk sejarah lisan sebab meninggalkan bukti sejarah berupa benda-benda dan bangunan yang mereka buat.
o   menhir (tugu batu), merupakan tugu peringgatan bagi generasi yang akan datang behwa di tugu tersebut terdapat arwah nenek moyang yang harus disembah.




MANUSIA MULAI MENGENAL TULISAN

Tulisan yaitu kumpulan dari angka maupun huruf yang dituangkan ke dalam bentuk bahasa tertentu. Biasanya sebuah tulisan dituangkan ke dalam sebuah teks, tidak berbentuk gambar. Ada banyak macam tulisan yang kita jumpai di dunia. Karena setiap negara memiliki sejarahnya masing-masing mengenai arti dari tulisan ini. Kita bisa mengenal berbagai macam bentuk dari berbagai negara yang berbeda-beda. Sebelum kita membahas lebih jauh macam-macamnya, kita kenali terlebih dahulu sejarahnya di bawah ini.
A.                sejarah tulisan
Berdasarkan sejarahnya, tulisan sendiri sebenarnya berasal dari macam-macam bahasa yang ada di dunia. Hal ini terbukti dengan berkembangnya peradaban manusia dari zaman ke zaman. Sedangkan sejarah pertama kali ditemukannya sebuah tulisan adalah sejak masa proto yang memperkenalkan beragam simbol mnemonik dan juga sistem ideografis. Sementara itu, penemuannya sendiri dijumpai di 2 tempat berbeda, seperti di mesopotamia pada tahun 3200 sm dan juga di mesoamerika pada tahun 600 sm. Ada beberapa naskah kuno dari mesoamerika dipercaya berasal dari meksiko tepatnya di zapotec.
Seperti kita ketahui, dimana sejarah dari tulisan sendiri sebenarnya sudah muncul sejak ribuan tahun yang lalu sebelum masehi. Pertama kali muncul tulisan itu sendiri berbentuk gambar. Sebelumnya bangsa kuno seperti bangsa maya maupun mesir kuno sendiri pertama kali mengenal sebuah tulisan sebagai hieroglif. Sehingga hampir seluruh orang di dunia saat ini mampu untuk menulis. Bahkan, anak usia dini pun pertama kali diperkenalkan menulis huruf ataupun angka. Dengan tulisan, setiap orang bisa menuangkan ide ataupun gagasan baik pada selembar kertas maupun pada surat elektronik. Adapun tulisan sendiri ditulis dalam berbagai macam bahasa di dunia, seperti bahasa spanyol, bahasa inggris, bahasa belanda, rusia, indonesian dan lain sebagainya.
1.                  Piktograf
Pertama kali manusia mengenal sebuah tulisan sendiri bukan berasal dari kata-kata, tanda baca ataupun huruf yang dituangkan pada sebuah tulisan. Akan tetapi, justru ribuan tahun silam, manusia menulis melalui sebuah gambar yang kini disebut juga sebagai piktograf. Melalui piktograf inilah setiap manusia bisa menyampaikan pesan atau informasi kepada manusia lainnya. Piktograf sendiri berasal dari bahasa inggris dengan nama pictograph. Pictograph berasal dari perpaduan dua kata, yaitu pict dan graph.dimana pict berarti picture atau gambar dalam bahasa indonesia. Sedangkan graphsendiri berarti tulisan menurut bahasa yunani. Piktograf sendiri berupa simbol yang bisa mewakili suku kata, bagian kata hingga keseluruhan kata.
2.                  Hieroglif
Tak hanya piktograf saja yang berupa simbol tulisan zaman dulu, bangsa dari mesir kuno sejak ribuan tahun silam juga menemukan sebuah tulisan yang dinamakan hieroglif. Untuk menuliskan kata-kata, terkadang orang di zaman mesir kuno ini menempatkan sebanyak 2 gambar ataupun lebih. Namun, bertahun-tahun lamanya tak sedikit pun orang yang mampu membaca simbol hieroglif dari mesir kuno ini. Hingga akhirnya di tahun 1822 sendiri, jean francois champollion yang tak lain sebagai seorang yang berkebangsaan perancis mengetahui makna dari hieroglif ini dengan ketekunan belajarnya hingga bertahun-tahun. Sehingga ia mampu menerjemahkan tulisan hieroglif itu sendiri.
Hieroglif sendiri terkadang bisa menyimbolkan sebuah kata, atau mewakili sebuah bunyi yang jika digabungkan bisa membentuk kata-kata. Bahkan di meksiko sendiri khususnya untuk bangsa maya kuno memakai hieroglif. Tak hanya itu simbol hieroglif sendiri bisa mewakili suku kata, bunyi bahkan keseluruhan kata.
3.                  Alfabet
Di zaman sekarang, tulisan sendiri banyak memakai sistem alfabet. Alfabet merupakandaftar kumpulan huruf yang biasa dipakai ketika menulis melalui bahasa tertentu. Akan tetapi, tak semua bahasa memakai huruf yang benar-benar sama. Karena ada beberapa negara yang memiliki alfabet berbeda, seperti negara spanyol, rusia, jepang dan lain sebagainya. Selain itu, jumlah tulisan huruf dalam setiap alfabet dari berbagai bahasa tentunya berbeda-beda. Alfabet bahasa indonesia dan bahasa inggris sendiri mempunyai sebanyak 26 huruf. Sementara alfabet bahasa rusia sendiri terdiri dari 33 huruf, untuk korea memiliki 24 huruf dan untuk spanyol mempunyai 27 huruf.
tulisan huruf alfabet sendiri sebenarnya diciptakan mulai abad ke 15 atau ke 17 sm yang berasal dari bangsa fenisia. Sebenarnya bahasa fenisia sendiri merupakan kategori bahasa semit, yang umumnya dipakai masyarakat yang tinggal di lebanon modern atau fenika. Menurut sm, diodorus sikolos sebagai sejarawan di abad pertama ini, menyatakan bahwa tulisan alfabet fenisia sendiri diperkenalkan pertama kali oleh kadmos ke orang-orang yunani. Dari sinilah mulai diciptakannya alfabet versi yunani. Dengan kemunculan alfabet bangsa yunani ini akhirnya mempengaruhi sistem penulisan di eropa. Alphabet ini mengawali sejarah tulisan yang mulai berkembang secara modern.
B.                 perkembangan tulisan dari masa ke masa
Berdasarkan sejarahnya di atas, dimana tulisan semakin berkembang dari masa ke masa. Hingga akhirnya di zaman perunggu ini tulisan sudah mulai berkembang. Di zaman perunggu ini orang-orang menggunakan tulisan paku atau kuneiform dengan bentuk yang paling awal. Jenis tulisan ini mulai diciptakan oleh bangsa sumeria. Pada zaman perunggu ini juga muncul jenis penulisan lainnya seperti naskah .
1.                  Simbol
Seperti kita ketahui, sebelum adanya tulisan kita terlebih dahulu diperkenalkan dengan yang namanya simbol sebagai media komunikasi antara sesama manusia. Simbol sendiri dapat dipelajari dengan mengenal simbol atau tanda-tanda ikonik maupun yang berbentuk struktur.
2.                  Gua lukisan
Salah satu jenis simbol tertua yang untuk dijadikan alat komunikasi sebelum terbentuknya sebuah tulisan adalah lukisan gua paleolitik. Dengan adanya lukisan ini memastikan bahwa telah timbul peradaban yang semakin berkembang dari masa ke masa sebagai cara untuk berinteraksi dan berkomunikasi antar sesama manusia.
3.                  Petroglyphs
Petroglyphs muncul sebagai ukiran atau sayatan batu yang diperkenalkan sejak 10.000 sm. Hal ini diperkenalkan saat homo sapiens mengukir di atas permukaan batu sebagai salah satu media untuk berkomunikasi.
4.                  Piktogram
Setelah petroglyphs evolusi tulisan lainnya adalah piktogram. Perkembangan dari petroglyphs ini, mulai menggambarkan sebuah aktivitas yang lebih beragam untuk menyampaikan sebuah kronologi dari berbagai macam peristiwa. Bahkan piktogram ini bisa dikatakan sebagai bentuk dari perkembangan tulisan melalui ekspresi tertulis.
5.                  Ideogram
Ideogram merupakan perkembangan dari ideogram yang berupa simbol grafis maupun simbol visual untuk menyampaikan ide atau gagasan.
C.                Penulisan
Nah, inilah sejarah dimulainya tulisan yang sudah banyak dimanfaatkan orang yakni penemuan penulisan di zaman perunggu. Seperti tulisan pertama kali yang diperkenalkan oleh bangsa sumeria di abad 21 sm. Dengan mulai diperkenalkannya alfabet dengan berbagai macam bahasa. Kini setiap orang bisa menyampaikan tulisan melalui kumpulan huruf alfabet yang disusun berdasarkan bahasa tertentu.
D.                tulisan modern
Seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin canggih, kini telah banyak mengubah sistem tulisan. Mulai dari penemuan alat tulis seperti pena hingga kini ditemukannya mesin cetak, komputer hingga telepon genggam. Sehingga memudahkan setiap orang untuk menulis dengan memanfaatkan media yang ada. Kini kita tinggal menekan tombol untuk membentuk sebuah tulisan melalui gadget tanpa harus menulis dengan tulisan tangan saja.



DAFTAR PUSTAKA

-                     http://software-comput.blogspot.com/


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter