-->

Partners

Energi Alternatif Yang Cocok Untuk Indonesia



Indonesia dengan wilayah yang cukup luas yang terbagi oleh 3 daerah pembagian waktu. Yang terletak di antara 2 benua dan 2 samudera. Negara yang memilki penduduk terbesar ke-4 di dunia saat ini juga dihadapkan dengan kenyataan krisis energi seperti layaknya negara berkembang lainnya. Pemerintah mulai berfikir keras bagaimana caranya agar supply energi mencukupi dari sabang sampai merauke.

Berbagai Pembangkit Listrik dibangun dengan berbagai tenaga dan yang paling gencar dibangun adalah PLTU(Pembangkit Listrik Tenaga Uap) tersebar diberbagai pulau di Indonesia terutama Sumatera dan Jawa. Pembangkit Listrik ini menggunakan batu bara yang dibakar dan menghasilkan uap untuk menggerakkan turbin hingga disalurkan ke genarator dan akhirnya menjadi listrik.
Keanekaragaman energi alternatif di Indonesia dapat dimanfaatkan untuk membangun Pembangkit Listrik yang baru.yang bebas dari tenaga fosil.berikut sumber tenaga alternatif yang cocok dibangun di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk pemenuhan arus listrik.

1.Tenaga Turbin Angin(Windmill)
Tenaga angin merupakan salah satu sumber energi terbarukan yang tak akan pernah habis, apalagi jika diletakkan di dekat pantai yang kaya dengan angin yang kencang.sistem kerja dari turbin angin ini dengan menggunakan kincir angin. Kincir angin dibangun tinggi sekira diatas 30meter, bilah-bilah pada kincir angin akan memutar getar yang berada di bawah tanah pada kincir tersebut, lalu gear tersebut memutar turbin dan selanjutnya disalurkan ke generator hingga menjadi arus listrik. Negara yang sudah menggunakan pembangkit jenis ini antara lain Belanda dan Belgia. Tak heran belanda mendapatkan julukan sebagai negeri kincir angin. Karena tak sulit menemukan kincir angin yang digunakan untuk berbagai keperluan di negeri tersebut, antara lain untuk keperluan pembagkit listrik dan irigasi.

 2.Tenaga Panas Bumi(Geothermal)
 Tenaga yang satu ini juga sangat cocok dibangun di Indonesia. Dengan memanfaatkan uap panas yang banyak terdapat di dekat daerah gunung berapi. Praktis pembangkit ini dapat dibangun di seluruh pulau di Indonesia kecuali Pulau Kalimantan yang memang tidak mempunyai gunung berapi. Untuk membangkitkan listrik dengan panas bumi dilakukan dengan pengeboran tanah di daerah yang berpotensi panas bumi untuk membuat lubang gas panas yang akan dimanfaatkan untuk memanaskan ketel uap (boiler) sehingga uapnya bisa menggerakkan turbin yang tersambung ke Generator. Di Indonesia beberapa Geothermal sudah dibangun, salah satunya di wilayah Sulawesi Utara.

3.Tenaga Ombak(Wave)
Sebagai negara maritim yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, tenaga ombak sangat cocok pula bila diterapkan di Indonesia. Cara kerja dari pembangkit listrik tenaga ombak(wave) atau gelombang laut ini dapat dilihat pada gambar disamping. Air laut yang memiliki arus yang cukup kuat masuk ke dalam terowongan lalu diteruskan untuk menggerakan turbin, dan selanjutnya disalurkan ke generator, an akhirnya dihasilkan arus listrik yang dapat digunakan. Beberapa negara yang sudah menggunakan energi ini untuk keperluan pembakit listrik yaitu Norwegia di negara Skandinavia dekat dengan Baltik.

4.Tenaga Air(Water)
Tenaga Air dapat dijadikan sumber energi alternatif dengan membangun PLTA(Pembangkit Listrik Tenaga Air). Dengan memanfaatkan sungai yang memiliki arus yang deras, maka pembangunan PLTA diharuskan pula untuk membangun bendungan. Sistem kerjanya dapat dilihat di gambar. Sungai yang memiliki arus yang deras ditampung dan masuk kedalam terowongan dari permukaan sungai yang lebih tinggi, lalu karena kemiringan tersebut arus air dapat lebih kencang dan akhirnya dapat memutarkan turbin yang disalurkan ke generator dan menghasilkan listrik. Pembangunan PLTA ini paling tepat bila dibangun di sungai yang beraliran konsekwen atau subsekwen yang memiliki satu arus saja. Kelemahan dari PLTA adalah saat debit air pada sungai tersebut menurun, maka pasokan listrik juga akan berkurang. Begitupula sebaliknya bila pasokan debit air banyak terutama sehabis hujan maka turbin akan berputar lebih kencang dan menghasilkan listrik sesuai dengan kemampuan turbin. Seluruh pulau-pulau besar di Indonesia memiliki PLTA, terutama di wilayah Sumatera dan Jawa.

5.Energi Sampah(Biomass)
Diantara berbagai energi alternatif yang sudah dibahas diatas, inilah energi alternatif yang paling unik. Siapa bilang sampah tidak bisa digunakan apa-apa lagi dan tidak memiliki nilai ekonomis ?.
Dengan sampah lah saudara-saudara kita yang bekerja sebagai pemulung dan pengepul barang bekas bisa hidup saat ini. Tak cukup disitu, ternyata sampah juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif yang bernama PLTSa(Pembangkit Listrik Tenaga Sampah). Banyak negara yang sudah menggunakan energi ini, salah satunya Jepang dan Korea. Kebetulan beberapa Kota Besar di Indonesia memiliki problem terhadap sampah yang sudah akut. Mungkin pembangkit tipe ini bisa menjadi solusinya. Cara kerja dari pembangkit tipe ini pertama sampah harus dipilah terlebih dahulu terutama yang masih dapat didaur ulang dan yang tidak. Setelah itu lalu dimasukkan ke dalam Insenerator, agar pembakaran sampah ini tidak berbahaya bagi lingkungan maka di dalamInsenarator suhu pembakaran nya harus diatas 1300 derajat celcius. Asap yang keluar dari lubang pembakaran juga dikendalikan agar memenuhi emisi gas buang sehingga tidak berbahaya bagi lingkungan. Dari proses pembakaran yang terjadi di insenerator yang menghasilkan panas lalu disalurkan untuk memanaskan Boiler lalu ke turbin dan disalurkan ke generator dan akhirnya menjadi arus listrik. Bagaimana dengan sisa pembakaran tersebut?, sisa pembakaran yang berupa abu bisa digunakan untuk membuat bahan material baru seperti batako dan batu bata. Bahkan bisa dicampurkan ke dalam adonan untuk pembutan asbes atau bahan bangunan lainnya. Salah satu kota yang sudah menerapkan Pembangkit jenis ini adalah kota Bandung di Jawa Barat.
Mengapa sumber energi Tenaga Surya tidak saya masukkan ke dalam daftar ini. Tenaga surya sesungguhnya kurang cocok diterapkan di Indonesia(menurut ahli listrik). Meskipun Indonesia merupakan negara tropis, namun justru di negara tropis itulah banyak terdapat awan yang menutup jalannya sinar matahari, belum lagi ditambah bila cuaca tidak bersahabat(hujan,mendung,badai dsb), maka solar cell tidak dapat menghasilkan arus sama seperti malam hari yang tidak terdapat sinar matahari.
Tenaga Nuklir juga sebenarnya tidak cocok di Indonesia. Beberapa alasannya karena di Indonesia rentan dengan bahaya gempa kecuali Pulau Kalimantan dan juga Bangka Belitung. Pembangunan nuklir memang harus sedekat mungkin dengan laut untuk keperluan pendinginan generator dan turbin. Memang menurut saya nuklir tidak cocok dibangun di Indonesia. Karena masih terdapat banyak tenaga alternatif yang jauh lebih ramah lingkungan dan tidak membahayakan bukan?.

Beberapa negara diseluruh belahan dunia telah memulai dengan pemanfaatan tenaga angin untuk mencukupi kebutuhan energi dalam negeri.Mereka menggunakan kincir angin sebagai sarana pembangkit energi ,sebagai sumber energi yang  bersih dan tidak lagi menghasilkan polusi melalui gas buang dan sangat aman untuk kelangsungan lingkungan .Untuk membuat kincir angin yang lebih efisien , mereka harus menemukan lokasi yang cukup strategis sehingga dapat menghasilkan kekuatan yang maksimum .Dan  inilah 10 negara yang merupakan terdepan yang palingmaju dalam pemanfaatan energi angin itu dan mereka selalu menyempurnakan dari tahun ketahun sehingga menjadikan sumber energi ini menjadi yang terbaik.

Amerika: Negara ini telah memanfaatkan tenaga angin cukup lama. Semenjak negara ini cukup mempersiapkan berbagai peralatan pembangkit pada tempat-tempat yang ditargetkan dimana dapat didapat dengan jumlah sangat maksimal,telah ada dan dalam jumlah sangat banyak untuk pembangkit listrik bertenaga angin. dan terbukti hal ini sangat menguntungkan mereka dari ketergantungan terhadap energi minyak bumi yang harus mereka impor dari negara lain dan dalam jumlah yang semakin signifikan.dan juga ,mereka dapat mengurangi tingkat polusi dengan angka yang sangat besar pula.

India: Tenaga angin telah mengkonstribusi sekitar 5% dari total kebutuhan energi di India , Dengan trend kebutuhan yang kian meningkat .Beberapa ahli memprediksi bahwa India akan menjadi salah satu negara yang paling maju dan akan melampaui beberapa negara mju lainnya dalam beberapa tahun kedepan dalam pemanfaatan sumber energi alternatif.

German: Negara ini sangat tergantung pada sumber energi hijau ini dan lebih dari 10% dari total kebutuhan nergi di negara itu dicukupi dengan energi tenaga angin.
Perancis: Negara ini juga masuk dalam puncak daftar negara-negara yang menggunakan energi hijau yang paling maju Perancis bukan hanya memanfaatkan energi angin untuk mencukupi kebutuhan energi akan tetapi juga memanfaatkan energi samudera sebagai sumber cadangan energi.

Spanyol: Penggunaan tenaga angin telah meluas dengan kincir anginnya hampir diseluruh penjuru Spanyol . Negara ini telah berkomitmen untuk melidungi kelangsungan lingkungan dan lebih dari 10% kebutuhan energi didapatkan dari tenaga angin.

Inggris raya(UK): Tingkat effisiensi dari operasional kincir angin di negara ini cukup tinggi karena dilokasikan pada tempat yang memiliki ketersediaan angin cukup tinggi .Selain itu jumlahkincir angin dengan jumlah yang cukup signifikan , dan mencukupi sekitar 1-2% dari seluruh cadangan nergi nasional negara itu didapat dari energi angin.

China: karena memiliki populasi yang sangat tinggi ,China telah memulai untuk mencari sumber energi alternatif termasuk sekarang pemanfaatan energi angin seperti sekarang ini. jumlah kincir angin semakin lama semakin meningkat di China dan mereka cukup efisien dalam memanfaatkannya.

Denmark: Hampir tidak ditemukan masalah pencemaran di negara itu , karena di Denmark sekitar 20% kebutuhan energi listrik dicukupi dengan tenaga kincir angin .Dengan tingkat efisiensi yang cukup tinggi dalam pemanfaatan energi alternatif.

Italia: Menjadi ramah lingkungan dan berorientasi kedepan dengan menjaga kelestarian alam , Italia selalu berusaha memanfaatkan energi alternatif sebagai salah satu cara terbaik dan paling bijaksana untuk kelangsungan hidup.

Portugal: bahkan untuk negara sekecil ini berusaha memanfaatkan total kebutuhan energi listriknyasekitar 11%   dari kekuatan angin , sepengetahuan saya 10 tahun yang lalu mereka juga memanfaatkan kekuatan energi gelombang dengan generator pelamisnya.

Indikasi Energi hijau ramah lingkungan , sangatlah bijaksana kalau kitamanfaatkan untuk mengurangi ketergantungan pada sumber daya fosilyang semakin mahal dan semakin tipis persediaannya dari tahun ketahun. serta mengurangi polusi dan pencemaran lingkungan yang akan menimbulkan efek yang kurang menyenangkan dimasa yang akan datang.
Pengertian Biogas Dan Biodiesel Dilengkapi Manfaatnya
 A. Apakah itu biogas?
Yang dimaksud dengan Biogas adalah merupakan gas yang berasal dari aktivitas anaerobik atau fermentasi bahan-bahan organik, termasuk diantaranya seperti: kotoran hewan ternak sapi, limbah domestik, sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama pada biogas yaitu metana dan karbondioksida.
Biogas yaitu campuran gas yang dihasilkan oleh bakteri penghasil metan yang disebut dengan Metanogenik, hal ini dapat terjadi pada material-material yang bisa terurai secara alami dalam kondisi Anaerobik.
Biogas merupakan gas yang dapat dihasilkan dari proses bahan-bahan organik oleh mikroorganisme dalam kondisi tanpa bantuan oksigen (anaerobik). Biogas merupakan campuran dari beberapa gas dengan komponen utama seperti gas metana dan gas karbondioksida. Itulah diatas beberapa penjelasan mengenai biogas.
Contoh biogas seperti penggunaan: kotoran hewan ternak sapi untuk membuat api dari gas metana, kotoran hewan untuk membuat pupuk, penggunaan biogas untuk pembangit listrik.
Apakah itu biogas & biodiesel?
Berikut ini kelebihan dan kelemahan dari biogas
1. Kelebihan biogas
  • Mengurangi efek rumah kaca karena biogas ramah lingkungan.
  • Dapat menjadi metode untuk pengolahan limbah.
  • Proses pembakaran tidak mengeluarkan asap.
  • Dapat mengurangi penggunaan bahan bakar fosil (minyak bumi, gas alam dan batu bara).
  • Rellatif lebih aman.
  • Dan lain-lain.
2. Kelemahan biogas
  • Membutuhkan biaya yang cukup tinggi untuk plikasinya.
  • Tidak dapat dikemas di dalam tabung.
  • Saat pengolahannya, dibutuhkan waktu yang cukup lama.
B. Apakah itu biodesel?
Biodiesel adalah bahan bakar alternatif yang berasal dari minyak nabati, atau biodiesel merupakan bahan bakar untuk mesin diesel yang berasal dari minyak nabati setelah melalu proses kimia. Biasanya sumber minyak nabati berasal dari minyak kelapa, minyak biji jarak, minyak sawit dan sebagainya. Biodiesel merupakan bahan bakar yang dapat mengurangi kerusakan pada lingkungan artinya bahan bakar ini sangat ramah terhadap lingkungan.
Berikut ini kelebihan dan kelemahan dari biodiesel
1. Kelebihan biodiesel
Keunggulan atau kelebihan dari biodiesel yaitu bahan bakar ini tidak beracun dan tidak dapat menyebabkan efek rumah kaca, jadi biodiesel ini sangat ramah lingkuangan. Lalu biodiesel mudah sekali terurai dan bisa diperbaharui dan biodiesel dapat membuat mesin menjadi lebih awet atau tidak cepat rusak.
2. Kelemahan biodiesel
Dimana ada kelebihan selalu ada kekurangan, kekurangan biodiesel yaitu karena bbahan bakar ini berasal dari tanaman pangan, maka jika di gunakan secara berlebihan dapat menimbulkan peningkatan harga pangan dan bahkan dapat meningkatkan angka kelaparan,mungkin itu merupakan salah satu alasan dari mengapa sampai saat ini biodiesel belum banyak digunakan, sehingga masih mencari bahan baku biodiesel yang potensial lainnya.
C. Manfaat biogas dan biodiesel
Manfaat yang utama dari biogas dan biodiesel adalah sebagai pengganti dari bahan bakar, khususnya pengganti bahan bakar fosil dan manfaat lain dari bahan bakar tersebut yaitu sangat ramah lingkungan.

Sumber : Google , wiki , dan lain-lain

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter